Florence kluckhohn dikutip dari Yusman Iskandar tentang Filsafat dan Etika Pekerjaan Sosial mengidentifikasi sejumlah orientasi nilai etika yang berkaitan dengan masalah-masalah kehidupan dasar diantaranya;

  1. Manusia berhubungan dengan alam atau lingkungan fisik dalam arti mendominasi, hidup dengan atau ditaklukan alam.
  2. Manusia menilai sifat/hakekat manusia sebagi baik, buruk atau campuran atara baik dan baik.
  3. Manusia hendaknya bercermin kepada masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.
  4. Manusia lebih menyukai aktivitas yang sedang dilakukan, akan dilakukan atau telah dilakukan.
  5. Manusia menilai hubungannya dengan orang lain, dalam kedudukan yang langsung, individualistis atau posisi yang sejajar.

Orientasi-orientasi nilai seperti yang dijelaskan oleh Florence kluckhohn tersebut diatas sangat berbeda diantara berbagai kebudayaan dan sub budaya dalam suatu masyarakat. Orientasi-orientasi nilai itu dinyatakan dalam konsep-konsep, sikap-sikap dan harapan-harapan orang, yang bersangkut paut dengan diri mereka sendiri atau orang lain; khsusnya sebagai bagian dari peranan-peranan sosial yang mereka sandang dalam masyarakat. Orientasi-oeientasi nilai etika mempunyai makna yang nyata dan digunakan untuk mewujudkan keberfungsian individu dan masyarakat. Nilai-nilai adalah acara berhubungan dengan dunia dan semua mahluk manusia yang terdapat didalamnya. Oleh karena itu, orientasi nilai melukiskan suatu hubungan antara penilaian seseorang dengan objek yang dinilainya.

 

RI Kalahkan Jepang 2030

Posted: 17/06/2011 in uncategorized

VIVAnews – Optimisme Indonesia sebagai calon kekuatan ekonomi dunia baru kian merebak. Kali ini, keyakinan itu datang dari bank nomor satu di Inggris, Standard Chartered Bank yang memperkirakan kekuatan ekonomi Indonesia akan mengalahkan Jepang pada 2030.
Dalam laporan khusus Stanchart berjudul “The Super-Cycle Report” yang baru saja dipublikasikan 15 November ini, bank terkemuka internasional itu menilai dunia tengah berada dalam sebuah kelanjutan periode waktu dari pertumbuhan ekonomi tinggi yang mereka sebut dengan istilah super-cycle.

Menurut Dr. Gerard Lyons, Chief Economist and Group Head of Global Research Stanchart, sebuah super-cycle berarti akan terjadi potensi terbalik dalam hal pertumbuhan global yang kuat. Ini juga tak terlepas dari fakta bahwa negara-negara berkembang akan menjadi pendorong utama pertumbuhan, sedangkan negara barat memiliki kemampuan untuk mendapatkan keuntungan dari perubahan ekonomi global dengan beradaptasi dan berubah.”

Pertumbuhan kuat dimulai sejak tahun 2000 dan akan berlangsung hingga beberapa dekade mendatang. “Pada 2030, volume perekonomian global akan mencapai lebih dari US$300 triliun,” demikian laporan tersebut. Volume ini naik dibandingkan posisi saat ini sebesar US$62 triliun.

Yang lebih menarik, kata laporan itu, negara-negara berkembang akan dapat melampaui negara maju dengan lebih baik. Akibatnya, keseimbangan kekuatan global ekonomi akan bergeser tegas dari Barat ke Timur. Pemicunya adalah peningkatan perdagangan, terutama pada pasar-pasar dari negara berkembang, industrialisasi yang pesat, urbanisasi dan meningkatnya masyarakat kelas menengah di negara berkembang.

“Asia akan mendorong sebagian besar dari pertumbuhan global selama 20 tahun ke depan,” kata Stanchart. Asia yang kerap disebut adalah China, India dan Indonesia.

Pada saat itu, taraf hidup yang diukur dengan pendapatan per kapita riil, akan meningkat sembilan kali lipat di China dan India antara tahun 2000 dan 2030. Peningkatan penghasilan pribadi akan mendorong miliaran orang masuk kelas menengah dan meningkatnya konsumsi akan memacu pertumbuhan ekonomi domestik.

Tingkat pertumbuhan ekonomi China akan menjadi 6,9 persen selama dua dekade mendatang, bahkan menyalip Amerika Serikat untuk sebagai negara adidaya ekonomi dunia dalam satu dekade, yakni pada 2020. Pertumbuhan ekonomi India naik 9,3 persen dalam periode yang sama dan mengekori Amerika Serikat sebagai perekonomian terbesar ketiga pada 2030.

Bagaimana dengan Indonesia?

Menurut laporan tersebut, dalam satu dekade mendatang, Indonesia akan menempati posisi kesepuluh sebagai kekuatan ekonomi dunia. Indonesia berada di bawah Jerman, Prancis, Rusia dan Inggris yang berada di urutan keenam hingga kesembilan.

Namun, pada satu dekade berikutnya atau 2030, Indonesia bukan hanya mengalahkan empat negara tersebut. Indonesia bahkan akan mengalahkan Jepang yang sekarang merupakan kekuatan ekonomi terbesar ketiga dunia setelah Amerika dan China.

Pada saat itu, Indonesia berada di posisi kelima dunia dengan produk domestik bruto US$9,3 triliun sedangkan Jepang di urutan keenam dengan PDB US$8,4 triliun.

Sumber ;
VIVAnews Selasa, 16 November 2010, 16:28 WIB

disini aku pengen share sedikit tentang materi-materi kuliah metodologi penelitian sosial, kalian bisa langsung download aja link nya :

(klik download untuk mendownload file)

metode penelitian download

langkah-langkah penelitian download

analisis data download

variabel penelitian hipotesis download

metode penelitian sosial download

penelitian kualitatif download

materi MPS download

MPS 2 download

semoga bermanfaat ^_^

Zodiac versi Mesir

Posted: 05/06/2011 in uncategorized

Zodiak versi Mesir

(Sphinx)

27 Desember – 25 Januari

Disiplin, Kuat. Bertanggung jawab. Sensitif dan penuh perasaan. Humoris.

 

(Shu)

26 Januari – 24 Februari

Orang yg sangat kreatif. Penuh kehati2an dan berpegang pada prinsip. Perhatian.

 

(Isis)

25 Februari – 26 Maret

Unik, seru. Humornya tinggi, banyak ide. Aktif. Percaya Diri. Tepat dijadikan teman curhat.

 

(Osiris)

27 Maret 25 April

Dinamis dan fleksibel. Tidak suka berdebat. Pintar memanfaatkan kesempatan. Mandiri.

 

(Amun)

26 April 25 Mei

Care, ambisius. Percaya diri. Tegas, ingin semua yg diinginkan terwujud.

 

(Hathur)

26 Mei 24 Juni

Ekspresif, jujur. Mampu berpikir cepat dalam situasi sulit. Berkarisma.

 

(Phoenix)

25 Juni 24 Juli

Optimis, berani mengambil resiko, Keras kepala, baik hati, malas, lucu.

 

(Anubis)

25 Juli 28 Agstustus

Kepercayaan diri tinggi, bangga akan diri sendiri. Kreatif, simpatik, baik hati, bertanggung jawab.

 

(Thoth)

29 Agstustus – 27 September

Rajin, tekun, berjiwa pemimpin, bijaksana, seru diajak berdiskusi.

 

(Horus)

28 September – 27 Oktober

Pemberani, jago bergaul, optimis dan jago memotivasi orang, keras kepala, sensitive, kuat

 

(Wadjet)

28 Oktober – 26 November

Ambisius, teliti dan bersikap hati-hati, mereka disegani, bagi mereka keluarga adalah segala2nya.

 

(Sekhmet)

27 November – 26 Desesember

Suka tantangan, mental kuat, imajinatif, lucu, kadang terlihat cuek namun optimis

Puisi : Terima Kasih

Posted: 05/06/2011 in uncategorized
Tag:

Untuk mereka yang telah mendorong saya, terima kasih.

Tanpa kalian, aku akan jatuh.

Untuk orang-orang yang menertawakan saya, terima kasih.

Tanpa kalian, aku tidak akan menangis.

Untuk orang-orang yang tidak bisa mencintai saya, terima kasih.

Tanpa kalian, aku tidak akan tahu cinta sejati.

Untuk orang-orang yang menyakiti perasaan saya, terima kasih.

Tanpa kalian, aku tidak akan merasakannya.

Untuk orang-orang yang meninggalkan aku kesepian, terima kasih.

Tanpa kalian, aku tidak akan menemukan diriku sendiri.

Tapi itu adalah untuk orang-orang yang mengira aku tidak bisa melakukannya;

Saya berterima kasih sekali, Karena tanpa kalian, aku tidak akan mencoba.

Tomi, Pimpinan sebuah perusahaan di Jakarta, tiba di rumahnya jam 9 malam. Tak seperti biasanya anaknya, dinda, umur 9 tahun membukakan pintu untuknya. Nampaknya ia sudah menunggu cukup lama.

“Kok, blum tidur?” sapa tomi

“Aku nunggu Papa pulang, sebab aku mau tanya, Berapa sih gaji Papa?”

“Kamu hitung ya.. hari Papa bekerja sekitar 10 jam & dibayar 400.000,

tiap bulan rata-rata 22 hari kerja, kadang Sabtu masih lembur.Berapa gaji Papa hayo?”

“Kalo 1 hari Papa dibayar 400.000 u/ 10 jam, berarti 1 jam Papa digaji 40.000 dong”

“Wah, pinter kamu. Sekarang cuci kaki, terus tidur ya..”

“Papa, aku boleh pinjam 5.000 gak?”

“Sudah, gak usah macama-macam..Buat apa minta uang malam-malam gini? Tidurlah..”

“Tapi Papa…”

“Papa bilang tidur!”

Dinda pun lari menuju kamarnya sedih.

Usai mandi, Tomi menyesali kekesalannya, menengok dinda di kamar tidurnya sedang terisak sambil memegang 15.000

Sambil mengelus kepala dinda, tomi berkata,”Maafin Papa ya..Papa sayang sama dinda..Tapi buat apa sih minta uang sekarang?

“Papa, aku gak minta uang. Aku hanya pinjam,nanti aku kembalikan kalo sudah menabung lagi dari uang jajan seminggu ini.”

“lya, iya, tapi buat apa?”

“Aku nunggu Papa dari jam 8 mau ajak Papa main ular tangga 30 menit aja.

Mama sering bilang waktu Papa itu amat berharga.

Jadi, aku mau ganti waktu Papa.Aku buka tabunganku hanya ada 15.000…

Karna Papa 1 jam dibayar 40.000,maka setengah jam aku harus ganti 20.000..

Duit tabunganku kurang 5.000, makanya aku mau pinjam dari Papa” kata dinda polos

Tomi pun terdiam.

Ia kehilangan kata-kata.Dipeluknya bocah kecil itu erat-erat dgn haru.

Dia baru menyadari,  ternyata limpahan harta yg dia berikan selama ini,

tak cukup untuk “membeli” kebahagiaan anaknya.

PESAN MORAL

“Bagi dunia kau hanya seseorang, tapi bagi seseorang kau adalah DUNIA-nya”. Perlakukan anak-anak kita dengan penuh kasih sayang,  sebelum kita menyesal.

Pada sebuah senja dua puluh tahun yang lalu, terdapat seorang pemuda yang kelihatannya seperti seorang mahasiswa berjalan mondar mandir didepan sebuah rumah makan cepat saji di kota metropolitan, menunggu sampai tamu di restoran sudah agak sepi, dengan sifat yang segan dan malu-malu dia masuk kedalam restoran tersebut.

“Tolong sajikan saya semangkuk nasi putih.” Dengan kepala menunduk pemuda ini berkata kepada pemilik rumah makan. Sepasang suami istri muda pemilik rumah makan, memperhatikan pemuda ini hanya meminta semangkuk nasi putih dan tidak memesan lauk apapun, lalu menghidangkan semangkuk penuh nasi putih untuknya. Ketika pemuda ini menerima nasi putih dan sedang membayar berkata dengan pelan : “dapatkah menyiram sedikit kuah sayur diatas nasi saya.” Istri pemilik rumah makan berkata sambil tersenyum : “Ambil saja apa yang engkau suka, tidak perlu bayar !”

Sebelum habis makannya, pemuda ini berpikir : “kuah sayur gratis.” Lalu memesan semangkuk lagi nasi putih. “Semangkuk tidak cukup anak muda, kali ini saya akan berikan lebih banyak lagi nasinya.” Dengan tersenyum ramah pemilik rumah makan berkata kepada pemuda ini. “Bukan, saya akan membawa pulang, besok akan membawa ke sekolah sebagai makan siang saya !” Mendengar perkataan pemuda ini, pemilik rumah makan berpikir pemuda ini tentu dari keluarga miskin di luar kota, demi menuntut ilmu datang ke kota, mencari uang sendiri untuk sekolah, kesulitan dalam keuangan itu sudah pasti. Berpikir sampai di situ pemilik rumah makan lalu menaruh sepotong daging dan sebutir telur disembunyikan di bawah nasi, kemudian membungkus nasi tersebut sepintas terlihat hanya sebungkus nasi putih saja dan memberikan kepada pemuda ini.

Melihat perbuatannya, istrinya mengetahui suaminya sedang membantu pemuda ini, hanya dia tidak mengerti, kenapa daging dan telur disembunyikan dibawah nasi? Suaminya kemudian membisik kepadanya : “Jika pemuda ini melihat kita menaruh lauk dinasinya dia tentu akan merasa bahwa kita bersedekah kepadanya, harga dirinya pasti akan tersinggung lain kali dia tidak akan datang lagi, jika dia ketempat lain hanya membeli semangkuk nasi putih, mana ada gizi untuk bersekolah.” “Engkau sungguh baik hati, sudah menolong orang masih menjaga harga dirinya.” “Jika saya tidak baik, apakah engkau akan menjadi istriku?” Sepasang suami istri muda ini merasa gembira dapat membantu orang lain.

“Terima kasih, saya sudah selesai makan.” Pemuda ini pamit kepada mereka. Ketika dia mengambil bungkusan nasinya, dia membalikan badan melihat dengan pandangan mata berterima kasih kepada mereka. “Besok singgah lagi, engkau harus tetap bersemangat!” katanya sambil melambaikan tangan, dalam perkataannya bermaksud mengundang pemuda ini besok jangan segan-segan datang lagi.

Sepasang mata pemuda ini berkaca-kaca terharu, mulai saat itu setiap sore pemuda ini singgah ke rumah makan mereka, sama seperti biasa setiap hari hanya memakan semangkuk nasi putih dan membawa pulang sebungkus untuk bekal keesokan hari. Sudah pasti nasi yang dibawa pulang setiap hari terdapat lauk berbeda yang tersembunyi setiap hari, sampai pemuda ini tamat, selama 20 tahun pemuda ini tidak pernah muncul lagi.

Pada suatu hari, ketika suami ini sudah berumur 50 tahun lebih, pemerintah melayangkan sebuah surat bahwa rumah makan mereka harus digusur, tiba-tiba kehilangan mata pencaharian dan mengingat anak mereka yang disekolahkan diluar negeri yang perlu biaya setiap bulan membuat suami istri ini berpelukan menangis dengan panik.

Pada saat ini masuk seorang pemuda yang memakai pakaian bermerek kelihatannya seperti direktur dari kantor bonafid.

“Apa kabar?, saya adalah wakil direktur dari sebuah perusahaan, saya diperintah oleh direktur kami mengundang kalian membuka kantin di perusahaan kami, perusahaan kami telah menyediakan semuanya kalian hanya perlu membawa koki dan keahlian kalian ke sana, keuntungannya akan dibagi 2 dengan perusahaan.”

“Siapakah direktur diperusahaan kamu?, mengapa begitu baik terhadap kami? Saya tidak ingat mengenal seseorang yang begitu mulia !” sepasang suami istri ini berkata dengan terheran.

“Kalian adalah penolong dan kawan baik direktur kami, direktur kami paling suka makan telur dan dendeng buatan kalian, hanya itu yang saya tahu, yang lain setelah kalian bertemu dengannya dapat bertanya kepadanya.”

Akhirnya, pemuda yang hanya memakan semangkuk nasi putih ini muncul, setelah bersusah payah selama 20 tahun akhirnya pemuda ini dapat membangun kerajaaan bisnisnya dan sekarang menjadi seorang direktur yang sukses untuk kerajaan bisnisnya.

Dia merasa kesuksesan pada saat ini adalah berkat bantuan sepasang suami istri ini, jika mereka tidak membantunya dia tidak mungkin akan dapat menyelesaikan kuliahnya dan menjadi sesukses sekarang. Setelah berbincang-bincang, suami istri ini pamit hendak meninggalkan kantornya.

Pemuda ini berdiri dari kursi direkturnya dan dengan membungkuk dalam-dalam berkata kepada mereka : “Bersemangat ya! Dikemudian hari perusahaan tergantung kepada kalian, sampai bertemu besok!”

Kebaikan hati dan balas budi selamanya dalam kehidupan manusia adalah suatu perbuatan indah dan yang paling mengharukan.

TERHARU? Ayo mulai jangan sungkan untuk berbuat baik hari ini…

Apa yang akan terjadi besok, kita tidak pernah tahu!

Alkisah, seorang pembuat jam tangan berkata kepada jam yang sedang dibuatnya. “Hai jam, apakah kamu sanggup untuk berdetak paling tidak 31,104,000 kali selama setahun?” “Ha?,” kata jam terperanjat, “Mana sanggup saya?”

“Bagaimana kalau 86,400 kali dalam sehari?” “Delapan puluh enam ribu empat ratus kali? Dengan jarum yang ramping-ramping seperti ini?” jawab jam penuh keraguan.

“Bagaimana kalau 3,600 kali dalam satu jam?” “Dalam satu jam harus berdetak 3,600 kali? Banyak sekali itu” tetap saja jam ragu-ragu dengan kemampuan dirinya.

Tukang jam itu dengan penuh kesabaran kemudian bicara kepada si jam. “Kalau begitu, sanggupkah kamu berdetak satu kali setiap detik?” “Naaaa, kalau begitu, aku sanggup!” kata jam dengan penuh antusias.

Maka, setelah selesai dibuat, jam itu berdetak satu kali setiap detik. Tanpa terasa, detik demi detik terus berlalu dan jam itu sungguh luar biasa karena ternyata selama satu tahun penuh dia telah berdetak tanpa henti. Dan itu berarti ia telah berdetak sebanyak 31,104,000 kali.

Renungan : Ada kalanya kita ragu-ragu dengan segala tugas pekerjaan yang begitu terasa berat. Namun sebenarnya kalau kita sudah menjalankannya, kita ternyata mampu. Bahkan yang semula kita anggap impossible untuk dilakukan sekalipun.

#oke sobat jangan berkata TIDAK sebelum kalian pernah mencobanya^_^

Pensil : Saya minta maaf

Penghapus : Untuk apa ? kamu tdk melakukan hal yg salah

Pensil : Saya minta maaf, kamu terluka karena saya. Tiap kali saya membuat kesalahan, kamu selalu ada untuk menghapusnya.

Dan ketika kesalahanku dihapus, kamu kehilangan sebagian dari dirimu. Kamu menjadi semakin kecil dan kecil.

Penghapus : Itu benar. Tapi itu tidak jadi masalah. kamu lihat, saya memang dibuat untuk hal itu. Saya dibuat untuk membantu kamu kapanpun kamu melakukan hal yang salah. Walaupun suatu hari, aku tahu aku akan hilang dan kamu akan menggantikan aku dengan yang baru. Saya sebenarnya bahagia dengan tugasku. Jadi tolong berhenti mengkhawatirkan saya. Saya benci melihatmu sedih

Orang tua seperti penghapus dan anak anak adalah pensil.

Orang tua selalu ada untuk anak mereka, membersihkan kesalahan anak mereka

Terkadang, orang tua menjadi terluka dan menjadi semakin tua (dan terkadang meninggal)

Walaupun anak mereka akan menemukan orang lain sebagai pasangan hidup mereka, orang tua masih bahagia dengan apa yg telah mereka lakukan untuk anak mereka, dan selalu benci jika anak mereka sedih atau khawatir.

Maka, sayangilah orang tua kamu.

Dan jangan takut untuk menyatakan bahwa kamu menyayangi mereka.

LANGKAH-LANGKAH PENELITIAN yaitu :

  1. IDENTIFIKASI,PEMILIHAN, DAN PERUMUSAN MASALAH
  2. PENELAHAAN KEPUSTAKAAN
  3. PENYUSUNAN HIPOTESIS
  4. IDENTIFIKASI,KLASIFIKASI, DAN PEMBERIAN DEFINISI OPERASIONAL VARIABEL-VARIABEL
  5. PEMILIHAN ATAU PENGEMBANGAN ALAT PENGAMBIL DATA
  6. PENYUSUNAN RANCANGAN PENELITIAN
  7. PENENTUAN SAMPEL
  8. PENGUMPULAN DATA
  9. PENGOLAHAN DAN ANALISIS DATA
  10. INTERPRETASI HASIL ANALISIS
  11. PENYUSUNAN LAPORAN

 

IDENTIFIKASI, PEMILIHAN DAN PERUMUSAN MASALAH

IDENTIFIKASI MASALAH : SESEORANG HARUS CUKUP BERLATIH DAN HAL-HAL YANG DAPAT MENJADI SUMBER MASALAH ADALAH BACAAN, TERUTAMA BACAAN YANG BERISI LAPORAN HASIL PENELITIAN, SEMINAR, DISKUSI,DAN LAIN-LAIN PERTEMUAN ILMIAH, PERNYATAAN PEMEGANG OTORITAS, PENGAMATAN SEPINTAS, PENGALAMAN PRIBADI, DAN PERASAAN INTUITIF

 

PEMILIHAN MASALAH

MASALAH HARUS LAYAK DAN SESUAI UNTUK DITELITI DENGAN PERTIMBANGAN YANG DILAKUKAN DARI DUA ARAH YAITU PERTIMBANGAN DARI ARAH MASALAHNYA DAN PERTIMBANGAN DARI ARAH CALON PENELITI

 

PERUMUSAN MASALAH

  1. MASALAH HENDAKLAH DIRUMUSKAN DALAM BENTUK KALIMAT TANYA
  2. RUMUSAN ITU HENDAKLAH PADAT DAN JELAS
  3. RUMUSAN ITU HENDAKLAH MEMBERI PETUNJUK TENTANG MUNGKINNYA MENGUMPULKAN DATA GUNA MENJAWAB PERTANYAAN-PERTANYAAN YANG TERKANDUNG DALAM RUMUSAN ITU
  4. CONTOH : BAGAIMANA HUBUNGAN ANTARA IQ DENGAN PRESTASI BELAJAR DIPERGURUAN TINGGI?

 

PENELAHAAN KEPUSTAKAAN

  1. SETELAH MASALAH DIRUMUSKAN, LANGKAH SELANJUTNYA ADALAH MENCARI TEORI-TEORI,KONSEP-KONSEP, GENERALISASI-GENERALISASI YANG DAPAT DIJADIKAN LANDASAN TEORETIS
  2. AGAR PENELITIAN MEMPUNYAI DASAR YANG KOKOH, DAN BUKAN SEKEDAR TRIAL AND ERROR
  3. MEMBACA  : SUMBER ACUAN UMUM DAN SUMBER ACUAN KHUSUS