Perkembangan Teknologi Komunikasi di Indonesia

Posted: 02/06/2011 in Pertekom

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK)

Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), atau dalam bahasa Inggris dikenal dengan istilah Information and Communication Technologies (ICT), adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi

 

Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. Sedangkan teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.

 

Penerapan TIK dalam Pendidikan di Indonesia

Pemanfaatan TIK dalam pembelajaran di Indonesia telah memiliki sejarah yang cukup panjang. Inisiatif menyelenggarakan siaran radio pendidikan dan televisi pendidikan merupakan upaya melakukan penyebaran informasi ke satuan-satuan pendidikan yang tersebar di seluruh nusantara. Hal ini adalah wujud dari kesadaran untuk mengoptimalkan pendayagunaan teknologi dalam membantu proses pembelajaran masyaraka. Bila televisi dan radio hanya mampu memberikan informasi searah (terlebih jika materi tayangannya adalah materi hasil rekaman), pembelajaran berbasis teknologi internet memberikan peluang berinteraksi baik secara sinkron (real time) maupun asinkron (delayed).

 

Buku Elektronik

Buku elektronik atau e-book adalah salah satu teknologi yang memanfaatkan komputer untuk menayangkan informasi multimedia dalam bentuk yang ringkas dan dinamis. Dalam sebuah e-book dapat diintegrasikan tayangan suara, grafik, gambar, animasi, maupun movie sehingga informasi yang disajikan lebih kaya dibandingkan dengan buku konvensional. Jenis e-book paling sederhana adalah yang sekedar memindahkan buku konvensional menjadi bentuk elektronik yang ditayangkan oleh komputer.

 

E-learning

Victoria L. Tinio, menyatakan bahwa e-learning meliputi pembelajaran pada semua tingkatan, formal maupun nonformal, yang menggunakan jaringan komputer (intranet maupun ekstranet) untuk pengantaran bahan ajar, interaksi, dan/atau fasilitas untuk pembelajaran yang sebagian prosesnya berlangsung dengan bantuan jaringan internet sering disebut sebagai online learning. Pada dasarnya disetujui bahwa e-learning adalah pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi elektronik sebagai sarana penyajian dan distribusi informasi.

 

Handphone

Awal lahirnya dulu handphone hanya berfungsi sebagai alat komunikasi biasa – biasa saja tapi lama kelamaan berbagai kebutuhan akan alat komunikasi ini telah merubah handphone menjadi alat komunikasi yang multifungsi.

 

Internet

Sejarah lahirnya internet adalah dalam usaha percobaan Uni Soviet meluncurkan satelit buatan pertama SPUTNIK di tahun 1957 hingga puncak perkembangannya tahun 1990 merupakan tahun paling bersejarah ketika Tim Berners-Lee berhasil menciptakan program editor dan browser yang mampu menelusuri antara satu komputer ke komputer lainya dalam jaringan. program inilah yang dikenal sebagai World Wide Web (www)dan sudah banyak sekali manfaatnya sampai sekarang menjadi alamat awal yang dipakai dalam setiap alamat situs. Yang menjadi teknologi tercepat saat ini dalam berkomunikasi antar tempat, antar wilayah, bahkan antar negara.

 

Kesimpulan

Jadi perkembangan teknologi saat ini dapat kita lihat pesat nya dari contoh malat komunikasi teknologi yang super canggih saat ini . kemajuan teknologi komunikasi tidak hanya sampai disitu saja, akan banyak lagi kemajuan teknologi sebagai alat yang akan di upgrade lagi, kehidupan modern saat ini dibutuhkan keterampilan dan kemampuan untuk dapat mengetahui dan menguasai teknologi  tersebut karena jika kita tidak bisa atau tidak mau mengikuti perkembangan teknologi saat ini, kita tidak dapat melanjutkan hidup kita kearah yang lebih baik untuk mencari pekerjaan dan lain-lain. Kemajuan teknologi komunikasi di indonesia saat ini sudah mencapai tahap yang sangat tinggi, dan tidak kalah dengan Negara-negara maju dan berkembang lainnya, hanya perlu kesadaran dari tiap sumber daya manusianya untuk mau maju dan lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s